Air wudhu adalah air yang digunakan untuk berwudhu. Merupakan salah satu syarat dari wudhu adalah menggunakan air mutlak, yaitu air yang suci dan dapat mensucikan dari hadast dan khobats (kotoran dan kencing).

Bisanya air jenis ini adalah air yang mengalir, seperti air sungai, mata air dan sumur, air terjun, dan air hujan. Tapi bisa saja berupa air diam, dengan syarat air tersebut mencapai satu kurr.

Yang bukan dalam golongan air mutlak adalah air mudhaf, air mutanajjis dan air musta’mal. Air mudhaf adalah air suci tapi tidak mensucikan, seperti air buah-buahan dan air yang telah dicampur dengan zat lain, seperti air kopi, air teh, air gula, dll. Air mutanajjis adalah air mutlak yang bersentuhan dengan benda-benda najis seperti kotoran dan darah. Air jenis ini tidak suci dan tidak dapat mensucikan. Sedangkan air musta’mal adalah air mutlak yang sudah dipakai untuk bersuci dan atau untuk mensucikan diri dari khobats.

Selain daripada itu, air mutlak yang digunakan untuk wudhu haruslah air yang halal, wadah airnya pun jg harus halal dan tidak terbuat dari emas dan atau perak.

Advertisements